KOMUNIKASI DATA

Posted: October 21, 2011 in Uncategorized

KOMUNIKASI DATA
MUKHAMAD SOLIKHUL HUDA
34110853
2DB05
MAPEL : SISTEM INFORMASI MANAJEMEN 1 #

Pengertian Komunikasi Data
Komunikasi data merupakan gabungandua teknik yang sama sekali jauh berbeda, yaitu pengolahan data dantelekomunikasi.Pengolahan data adalah segala kegiatanyang berhubungan dengan pengolahandata.Telekomunikasi adalah segala kegiatanyang berhubungan dengan penyaluraninformasi dari satu titik ke titik yanglain.Komunikasi Data adalah bagian daritelekomunikasi yang secara khusus berkenaan dengan transmisi atau pemindahan data dan informasi diantara komputer-komputer dan piranti yang lain dalam bentuk digitalyang dikirimkan melalui mediakomunikasi data.Sistem Komunikasi Data adalah jarigan fisik dan fungsi yang dapatmengakses komputer untuk mendapatkan fasilitas sepertimenjalankan program, mengakses basis data, melakukan komunikasidengan operator lain, sedemikian rupasehingga semua fasilitas berada padaterminalnya walaupun secara fisik berada pada lokasi yang terpisah.Terminal (Data Terminal Equipment /DTE) adalah peralatan untuk terminalsuatu data yang berfungsi untuk mengirimkan serta menerima data daninforamasi dari tempat lain, seperti printer, disk, monitor, papan ketik, plotter, scanner dsb.
Mengapa harus ada Teknik Komunikasi Data ?
a. karena ada perbedaan lokasi antaralokasi pengolahan data dengan lokasitransaksi b. dari sisi waktu lebih efisien dan darisisi biaya lebih murah mengirim datalewat jalur komunikasic. Untuk keperluan efektifitas biaya,sistem ini dapat menggunakan secara bersama alat-alat yang mahal seperti printer atau scanner. Dengan cukupdipasang di satu lokasi saja, tetapidapat diakses dari semua tempat yangterhubung.d. memungkinkan pengembangankomputer secara aktif lebih mudah danmenyebabkan sistem menjadi fleksibel.e. Dapat mencegah ketergantungan pada sumber komunikasi ataukomputer pusat

Tujuan Komunikasi Data
Mengirim data dalam jumlah besar danwaktu yang singkat dengan cara yangefisien dan ekonomis dari suatu tempatke tempat lain tanpa ada kesalahan.
Keuntungan Komunikasi Data
a. memungkinkan penggunaankomputer atau terminal secara terpusat(sentralisasi) maupun tersebar (desentralisasi) sehingga mendukungmenajemen dalam hal kontrol. b. mempermudah kemungkinan pengolahan dan pengaturan data yangada dalam berbagai macam sistemkomputer c. mengurangi waktu untuk pengolahandatad. mendapatkan data langsung darisumbernya (mempertinggi kehandalan)e. mempercepat penyebaran informasi
Faktor yang harus diperhatikanpada komunikasi dataProtokol yang digunakan
Protokol adalah sebuah aturan yangmendefinisikan beberapa fungsi yangada dalam sebuah jaringan, misalnyamengirim pesan, data, informasi, danfungsi lain yang harus dipenuhi olehsisi pengirim dan sisi penerima agar komunikasi dapat berlangsung dengan benar, walaupun sistem yang adadalam jaringan tersebut berbeda samasekali.

Media Transmisi
Media transmisi harus efisien, biasanyakarakteristik media transmisi adalahkemampuan besar data yang dapatditampung (bandwidth), redamannya,daya yang dapat ditampung olehtransmisi, dan waktu yang dibutuhkanoleh transmisi.
Lalu lintas data (Traffic)
Lalu lintas data biasanya dipengaruhioleh jumlah dan lokasi dari terminaldan komputer, kepadatan lalu lintas, prioritas / urgensi informasi yangdisalurkan.
Keandalan sistem yang digunakan
Maksud dari keandalan sistem disiniadalah mudah atau tidaknya sistemterserang ancaman dari luar yangmerugikan proses data tersebut.
Kendala-kendala pada KomunikasiData
Waktu Tanggap, waktu tanggap sistemmerupakan ukuran kecepatan sistemdalam memberikan tanggapan atasinput data yang dimasukan.Throughput, throughput merupakanukuran beban dari sistem, yaitu persentase waktu yang diberikan untuk pengiriman data dengan melewatimedia transmisi tertentu.Faktor Manusia, manusia merupakan perancang, pembuat sekaligus pengguna sistem. Faktor manusiamerupakan faktor yang sangatdominan dan menentukan lancar atautidaknya sistem.
Jenis Operasi Komunikasi Data
Data Collection, data dapatdikumpulkan dari beberapa tempat(remote station), disimpan dalammemori dan pada waktu-waktu tertentudata tersebut akan diolah. Contoh :aplikasi inventori penggajianInquiry and Response, pemakai dapatmengakses langsung ke file atau program. Data yang dikirimkan kesistem komputer dapat langsungdiproses dan hasilnya dapat segeradiberikan. Bila pemakai melakukandialog dengan komputer maka sistemseperti ini disebut interaktif. Contoh :aplikasi perbankan, pembayarandipertokoanStorage and Retrival, data yangsebelumnya disimpan dalam komputer dapat diambil sewaktu-waktu oleh pihak yang berkepentingan tanpadibatasi jarak, contohnya : penyimpanan data online atau padaemail.Time Sharing, sejumlah pemakai dapatmengerjakan programnya secara bersama-sama. Setiap pemakaidiberikan kesempatan untuk bekerjaselama jangka waktu tertentu yangtetap besarnya, setelah itu pemakai laindiberikan kesempatan untuk mengerjakan. Contoh : aplikasi pemakai sistem komputer secara bersama untuk pengembangan perangkat lunak.Remote Jon Entry, Remote JobTerminal mengirimkan program ataudata (text) untuk disimpan ke komputer pusat tempat data diproses. Programtersebut dikerjakan secara batch, yaitudiolah setelah gilirannya tiba. Contoh :web applicationReal Time Data Processing andProcess Control, Hasil prosesdikehendaki dalam waktu yang sesuaidengan kepentingan proses tersebut(real time). Contohnya : Google MapsData Exchange Among Computers, pertukaran data berupa program, filedan sebagainya antar sistem komputer.

From : http://www.scribd.com/doc/38510167/Teori-Dasar-Komunikasi-Data-DOC

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s