TUGAS SOFTSKILLS “PENGALAMAN DALAM BERORGANISASI”

Posted: February 15, 2011 in Uncategorized

MUKHAMAD SOLIKHUL HUDA

1DB03

3411085

 

MATA KULIAH ” ORGANISASI & METODE”

 

 

PENGALAMAN SAYA DALAM BERORGANISASI

Pengalaman masuk organisasi pertama saat aku masuk sekolah menengah atas. Dulu aku memang berobsesi untuk memperbanyak teman dan sahabat. Karena bagiku teman itu merupakan seseorang yg penting, walau pun bagaimana keadaan tapi jika saat ngumpul samateman itu rasanya semuanya baik – baik saja.Aku masuk Pramuka , sementara banyak organisasi ekstrakulikuler lainnya tapi aku dan teman – temanku memilih itu. Tak ada seleksi masuk atau pun tes, saat itu  memang tak banyak yg masuk karena itu hanya kegiatan nggak wajib. Jadi mau ikut atau tidak itu tak mempengaruhi nilai di raport.

Tapi disitulah asyiknya, kita tak terobsesi untuk mencari nilai. Kita hanya ingin menyalurkan minat kita berorganisasi. Dan setelah masuk itu baru terasa beratnya, karena dengan anggota yg sedikit mengerjakan berbagai macam urusan sehingga terkadang terasa menyibukkan.

Memasuki Pramuka , di sekolahku dinamai PRAMUKA SMA NEGERI 2 PURWOREJO. Banyak latihan – latihan yg harus diikuti misal latihan rutin tiap minggu dan latihan gabungan dengan sekolah – sekolah lain. Yg paling asyik adalah saat latihan gabungan, itu dilakukan biasanya bergiliran di tiap sekolah. Disitu banyak teman – teman baru yg membuatku enjoy telah masuk organisasi ini.Hal yang paling ditunggu-tunggu dalam pramuka adalah saatnya kemah , yaitu kegiatan melatih kemandirian,kekompakan,dan banyak hal-hal lainyang bermanfaat.Dalam kemah ada satu acara lagi yang ditunggu-tunggu pula , yaiutu saat “jeritan malam”. Yaitu kegiatan jalan-jalan malam melewati kuburan-kuburan tanah lapang , hal itu bertujuan melatih mental seorang pramuka sejati.

Semua itu adalah pengalaman – pengalamanku dalam berorganisasi. Begitu aktif saat ada niat dan semangat untuk berimprove dan berkreasi melakukan kegiatan – kegiatan yg bermanfaat. Tapi seakan mati dan hanyut begitu saja jika tak berobsesi untuk maju. Bagiku, untuk masuk dalam suatu organisasi jika mau dan berniat untuk berkembang, harus memiliki semangat dan kemauan yg besar. Rasa kebersamaan dan kerja sama yg baik akan mendorong ke arah kesuksesan. Tapi jika semua itu tak ada, atau pun dilakukan tapi setengah hati, maka otomatis tinggal menunggu waktu aja lama – lama akan mati dan hanyut begitu aja.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s