SNORKELING

Posted: January 11, 2011 in Uncategorized

SNORKELING

 

MUKHAMAD SOLIKHUL HUDA

1DB03

34110853

JURUSAN D3 MANAJEMEN INFORMATIKA

 

MAPEL MANAJEMEN UMUM#

 

 

Pantai, memeng jadi tempat liburan yang seru. Tetapi, kalau bosan hanya main pasir di pantai, kenapa tidak ikutan snorkeling? Kegiatan berenang di permukaan laut ini bisa jadi cara asyik untuk menikmati keindahan dasar pantai dan pesona flora ataupun fauna laut. Berbeda dengan diving (menyelam), snorkeling tidak membutuhkan tabung oksigen, karena snorkeling hanya menyelam di permukaan saja, tidak kedasar laut. Makanya, lokasi snorkeling biasanya di dekat pantai. Meski cuma di permukaan saja, kamu tetap bisa melihat keindahan panorama bawah laut.

Biaya yang kamu keluarkan cukup murah. Hanya dengan 360 – 400 ribu per orang, peserta sudah bisa menikmati serunya snorkeling. Untuk menikmati kegiatan ini, kamu bisa melekukan snorkeling trip ke Pulau Pramuka, yang termasuk gugusa Kepulauan Seribu. Ada banyak cara untuk sampai di Pulau Pramuka. Dari Jakarta Utara, kamu bisa naik kapal cepat Lumba-Lumba Trans Jakarta. Biayanya berkisar 30 ribu per orang . Bisa juga berangkat dari Muara Angke dengan menumpang kapal kayu dengan jarak tempuh 4 jam, berkisar antara 20 ribu per orang.

Peralatan wajib yang harus dibawa adalah masker plastik yang bentuknya seperti kacamata ukuran raksasa, fin atau sirip kaki plastik untuk mempercepat gerakan saat berenang, dan snorkel berupa pipa penyedot udara untuk bernafas saat berenang. Namun, perlu latihan saat mengunakan alat ini di dalam air. Selain tiga perangkat tersebut, sebaiknya kamu membawa barang-barang sebagai berikut :

 

  1. Baju untuk snorkeling sepasang (berbahan ringan, berwarna gelap, disarnkan lengan panjang, untuk celana panjang bisa yang berbahan parasut).
  2. Baju ganti dua pasang.
  3. Kaus kaki.
  4. Peniti secukupnya.
  5. Peralatan mandi.
  6. Kantong plastik untuk baju basah
  7. Bekal makan siang untuk hari pertama dan botol aqua ukuran kecil untuk tempat minum saat snorkeling di laut.
  8. Obat-obatan pribadi.
  9. Sunblock.
  10. Jaket dan topi.
  11. Sandal jepit.

 

Selama kegiatan snorkeling, kamu wajib menjaga biota laut, jangan sampai merusaknya. Hanya dengan menyentuh terumbu karang, kamu bisa menghancurkan mereka. So, be carefull.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s