PENERAPAN MANAJEMEN PADA DUNIA USAHA / KERJA

Posted: October 25, 2010 in Uncategorized

PENERAPAN MANAJEMEN PADA DUNIA USAHA / KERJA

MUKHAMAD SOLIKHUL HUDA
1DB03
34110853
JURUSAN : D3 MANAJEMEN INFORMATIKA

MAPEL : MANAJEMEN UMUM #

1. PENDAHULUAN
Bagi seorang pengusaha manajemen sangat berperan serta demi kelangsungan kehidupan usahanya.Hal itu tampak , misal dalam memenejemen berbagai hal , misal dalam ketepatan mengerjakan tugas atasan maupun dalam kehidupan rumah tangganya.Apabila dalam kehidupan usaha kita tidak dapat membagi dengan bijaksana , mungkin waktu kita akan terbuang sia-sia tanpa tujuan yang jelas arahnya.

Seperti telah kita ketahui sebelumnya , manajemen yang bijak akan dapat menghasilkan kepuasan baik dalam segi hasil ataupun dalam segi waktu . Misal , sejak mendapat gelar D3 Manajemen Informatika , Andi hendak melemar pekerjaan dengen harapan segera mendapatkan pekerjaan yang berpenghasilan layak.Akhirnya Andi diterima di sebuah perusahaan swsta yang bergerak dibidang jasa online. Hal itu tentu sejalan dengan pendidikan yang ia pilih.Sejak hari pertama kerja Andi selelu bekerja dengan giat tanpa sedikitpun melakukan kesalahan , tentu dengan hal demikian Andi sering mendapat pujian dan sanjungan , baik dari teman kantor maupun atasanya.Hal itu dapat berjalan karena Andi menerapkan manajen pada kehidupan dunia usahanya,baik dari segi waktu atau yang lainya manajemen sangat diperlukan dalam segala hal.Dengan manjemen yang baik akan dapat hasil dan tujuan yang baik pula. Tetapi sebaliknya jika manajemen tidak diterapkan dalam kehidupanya , mustahil hal itu dapat terjadi.

Berikut ini sedikit penjelasan tentang “penerapan manajemen dala dunia usaha / kerja” :

2. ISI

+ Penerapan manajemen yang ada pada kehidupan dunia usaha / kerja diantaranya :

# Keterampilan manajemen perencanaan
Merupakan keterampilan yang dilakukan mahasiswa untuk dapat merencanakan apa yang bisa menjadi motivasi untuk mencapai suatu masa depan atau tujuannya agar tidak salah jalan.
# Keterampilan manajemen waktu , merupakan keterampilan yang merujuk pada kemampuan seorang mahasiswa untuk menggunakan waktu yang dimilikinya secara bijaksana.
# Keterampilan manajemen pengarahan , keterampilan manajemen yang dilakukan mahasiswa dalam mengarahkan atau menempatkan sesuatu hal secara bijaksana .
# Keterampilan manajemen pengorganisasian
Merupakan keterampilan yang dilakukan mahasiswa untuk dapat membagi setiap atau menjadwalkan kegiatan secara bijaksana .

Beberapa fungsi manjemen :

1.Planning (perencanaan)
2.Organizng (pengorganisasian)
3.Staffing (penyusunan pegawai)
4.Directing (pengarahan)
5.Coordinating (pengkoordinasian)
6.Reporting (pembuat laporan)

3. KESIMPULAN

Dari ulasan diatas nampak jelas kehidupan dunia usha sangat erat kaitanya dengan manajemen , ibarat peribahasa hidup tanpa manajemen , bagi sayur tanpa garam. Nampaklah jelas bahwa manajemen sangatlah berpengaruh besar terhadap kehidupan dunia usaha , tingkat keberhasilan seorang pengusaha erat kaitanya dengen kesuksesanya dalam menerapkan manajemen . Tak hanya berorganisasi, tapi dalam kehidupan sehari-hari pun segala jenis dan macam manajemen baik itu manajemen waktu, manajemen pengetahuan, dan lain-lain akan sangat bermanfaat bila diimplementasikan secara tepat pada sasarannya masing-masing.
4.DAFTAR PUSTAKA
-wikipedia.org
-Huda Muhkhamad S. , Gunadarma Univ. 2010 MI

Leave a comment